Waktu begitu berharga bagi seorang remaja muslim. Dapat
dilihat, kebanyakan kita kurang dapat memenej waktu dengan baik. Akhirnya,
semua tugas jadi tertunda dan tertunda. Jadinya menumpuk dan urusan yang lebih
urgent jadi terbengkalai. Berikut ada tips bagus yang bermanfaat bagi kita
untuk memenej waktu.
1. Use a To Do List
Buat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan. Tidak hanya
sebagai pengingat tapi juga sebagai alat agar kita bisa mengatur waktu kapan
harus selesai dan berapa lama kegiatan itu dikerjakan
2. Get Set In Your Ways
Buat rutinitas harian kamu dengan detail. Manajemen waktu
yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.
3. Break It Up!
Pecahkan tugas besar kamu menjadi tugas-tugas kecil agar
memudahkan kamu untuk menyelesaikannya karena kamu sudah menyelesaikan tiap
langkah satu persatu.
4. Be Realistic
Jangan memasang target waktu yang tidak masuk akal, berikan
waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan.
5. Pick Up a Good Habit
Buat kebiasaan baru yang bisa membuat waktu kamu lebih
berharga.
6. Big Messes Start With Little Piles
Selesaikan pekerjaan kamu. Buang segala sesuatu yang tidak
dibutuhkan lagi begitu kamu sudah menggunakannya sebelum itu memenuhi ruangan.
7. Start Tomorrow Tonight!
Biasakan untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dilakukan
besok pada malam sebelumnya, seperti mempersiapkan baju yang akan dipakai besok
atau menaruh semua hal yang akan diperlukan pada tempatnya, karena ini akan
membuat waktu kita lebih efisien.
8. Don’t Forget To Write Yourself a Note
Gunakan reminder (pengingat) pada To Do List utama kamu.
Gunakan HP atau alarm jam tangan
9. Schedule a Task
Hal termudah untuk dapat mengerjakan apa yang ingin kamu
kerjakan ialah membuat jadwal.
10. First Things First
Buat prioritas pekerjaan lalu buat jadwal pada waktu yang
sesuai. Menurut pengarang buku “Seven Habits” Stephen R. Covey ada 4 level
kepentingan dengan mempertimbangkan dua aspek, urgency (kemendesakan) dan
importancy (kepentingan) yaitu: (1) urgent dan important, (2) tidak urgent tapi
important, (3) urgent tapi tidak important, (4) tidak urgent dan tidak
important.
11. Learn to Say No!
Belajar untuk menolak ajakan yang tidak penting dan dapat
menggangu tapi lakukan dengan sopan. Kita harus fokus terhadap waktu kita. Stay
focus!
12. The Pause that Refreshes
Buat jeda waktu untuk istirahat pada jadwalmu. Ini akan
membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan selanjutnya?”
13. Be Flexible
Untuk membiasakan diri dengan manajemen waktu yang efektif
membutuhkan waktu yang tidak singkat.Jika ada pekerjaan yang tidak bisa
dikerjakan tepat waktu, jadikan jadwal kamu fleksibel dengan waktu yang ada.
Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Al Fawaid berkata,
اِضَاعَةُ الوَقْتِ اَشَدُّ مِنَ الموْتِ
لِاَنَّ اِضَاعَةَ الوَقْتِ تَقْطَعُكَ عَنِ اللهِ وَالدَّارِ الآخِرَةِ وَالموْتِ
يَقْطَعُكَ عَنِ الدُّنْيَا وَاَهْلِهَا
“Menyia-nyiakan waktu itu lebih
parah dari kematian. Karena menyia-nyiakan waktu memutuskanmu dari (mengingat)
Allah dan negeri akhirat. Sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan
penghuninya.”
Semoga Allah memudahkan kita untuk memanfaatkan waktu kita
dengan baik.
Artikel www.remajaislam.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar